Monday 17 July 2017

Perbedaan USM , STM, IS, EF Pada Lensa DSLR

Perbedaan USM , STM, IS, EF Pada Lensa DSLR
Dan Istilah Istilah Lain Dalam FotoGraphy

USM  ( Ultrasonic Motor )

USM : Singkatan dari Ultrasonic Motor. Ini menandakan di dalam lensa ada built-in auto fokus. USM juga menandakan auto fokus lebih cepat dan tidak bersuara.
Fitur USM mengarah pada kecepatan auto fokus yang lebih cepat dan tidak berisik yang sangat berguna untuk mengabadikan subjek yang bergerak cepat
Contoh 
Canon EF-S 17-55mm f/2.8 IS USM
Bila Anda melihat angka bukaan cuma 1 saja, seperti lensa diatas (f/2.8), ini berarti lensa ini memiliki bukaan konstan. Dari rentang fokal 17 sampai 55mm, maksimal bukaan yang bisa kita pergunakan adalah f/2.8.

STM  ( Stepper Motor )

STM : Stepper Motor, motor autofokus yang senyap dan mulus, ideal saat merekam video
Fitur STM (Strapper motor) memiliki kemampuan menghilangkan kebisingan saat merekam video.              Fungsinya memang mirip dengan USM tetapi tidak memiliki kelebihan dalam kecepatan auto focus. Lensa STM harganya lebih murah dibandingkan lensa USM dan biasanya sudah di lengkapi dengan fitur IS juga

IS ( Image Stabilization )


IS : Singkatan dari Image Stabilization, artinya lensa ini memiliki kemampuan untuk meredam getaran tangan    kita sehingga gambar yang dihasilkan tidak blur. Fitur ini sangat berguna terutama pada saat kita mengambil foto dengan setting kecepatan pemantik rendah.
Fitur IS (Image Stabilization) adalah untuk mengurangi blur yang diakibatkan oleh pergerakan kamera atau pergerakan tangan... IS bekerja dengan jalan menggerakkan elemen lensa untuk mengkompensasi gerakan dan menurunkan blur yang diakibatkannya
Contoh
Canon EF-S 18-55 mm f/3.5-5.6 IS
Lensa zoom ini biasanya dipaket saat membeli kamera DSLR Canon untuk pemula seperti Canon 1100D, 550D, 600D
Canon EF-S : artinya model lensa yang dirancang khusus untuk kamera DSLR dengan sensor krop/kecil (relatif dengan kamera film (full frame). Lensa ini tidak bisa digunakan untuk dipasang di DSLR kamera full frame seperti Canon 5D atau Canon 1Ds.
18-55mm : Ini rentang fokal lensa. 18mm memberikan sudut pandang lebar, sedangkan 55mm agak sempit/telefoto. Bagi yang berpengalaman dalam mengunakan kamera film, rentang fokal lensa ini ekuivalen dengan kurang lebih 29-88mm. Rentang fokal lensa ini cukup fleksibel untuk penggunaan sehari-hari.
f/3.5 – 5.6 : Ini berarti rentang maksimal bukaan lensa. Pada rentang fokal 18mm, maksimal bukaan adalah f/3.5 sedangkan pada rentang fokal 55mm, maksimal bukaan adalah f/.5.6.

EF

Lensa Canon EF : didesain untuk DSLR Canon dengan sensor Full Frame seperti 1Dx dan 5D, dengan diameter lensa besar dan lensa ini bisa dipasang juga di DSLR Canon sensor APS-C seperti 7D, 60D, 600D dan 1100D. Lensa EF ini dicirikan dengan titik warna merah di bagian belakang.

Contoh : Canon EF 50mm f/1.8 II
 EF = Lensa digital Canon 50mm = jangkauan fokal lensa f/1.8 = maksimum bukaan II = generasi ke-2

EF-S

Lensa Canon EF-S : didesain khusus untuk DSLR Canon APS-C, diameter lensa lebih kecil disesuaikan dengan sensor APS-C yang memang lebih kecil. Lensa EF-S akan mengalami faktor koreksi fokal akibat adanya crop factor 1,6x sehingga contohnya lensa EF-S 18-55mm akan memberi picture angle yang setara dengan fokal lensa 29-88mm. Lensa EF-S berukuran lebih kecil, ditandai dengan titik putih di belakang lensa dan tidak bisa dipasang di kamera DSLR Canon full frame seperti 5D.
Contoh : Canon EF-S 18-55mm f/3.5-5.6 IS
EF-S = Lensa digital Canon yang hanya compatible untuk Camera cropped body sensor (semua kamera kecuali Canon 5D, EOS mark series) 18-55mm = lensa zoom dari 18 ke 55mm f/3.5-5.6 = bukaan maksimum untuk jangkauan fokal, 18mm = 3.5, 55mm = 5.6 IS = Image Stabilizer, membantu mencegah blur karena getaran tangan waktu mengambil foto pada kondisi gelap.
Contoh Lain
Canon EF 70-200mm f/4 IS USM
Lensa diatas disebut juga telephoto zoom karena rentang fokalnya cukup besar yaitu 70-200mm
Sayangnya kode lensa ini tidak berlaku universal, sehingga lensa merek lain akan memiliki kode yang berbeda-beda. Tetapi tidak masalah, biasanya struktur kodenya sama. Daftar singkatan dibawah ini akan mempermudah pengertian Anda terhadap lensa-lensa bukan Canon.
HSM : Singkatan dari Hypersonic Motor. Artinya kurang lebih sama dengan USM, auto fokus cepat dan tidak bersuara. Kode ini akan Anda temukan di lensa merek Sigma.
AF-S : Sama dengan kode diatas, kode ini akan Anda temukan di lensa merek Nikon.
SAM : Sama dengan kode diatas, kode ini akan Anda temukan di lensa merek Sony.
AF : Lensa Nikon yang tidak memiliki auto fokus built-in. Di kamera pemula Nikon seperti D60 dan D5000, tidak bisa mengunakan lensa ini untuk auto fokus, tapi harus dengan manual fokus.
VR  : Singkatan dari Vibration Reduction, fungsinya sama dengan Image Stabilization.
OS  : Singkatan dari Optical Stabilization, fungsinya sama dengan Image Stabilization. Kode ini akan Anda temukan di lensa Sigma.
VC :  Singkatan dari Vibration Compensation, fungsinya sama dengan Image Stabilization. Kode ini akan Anda temukan di lensa Tamron.

TE-S = Tilt Shift Lens, lensa khusus yang bisa diputar2

DX, DT, DC : Kode lensa yang di optimalkan untuk kamera sensor krop. Kode ini akan Anda temukan di lensa Nikon, Sony atau Sigma.
DG : Kode lensa yang di kompatibel untuk kamera sensor krop dan full frame. Kode ini akan Anda temukan di lensa Sigma.
KIT: Lensa yang biasanya dipaketkan dengan kamera, biasanya kualitasnya standar

  UD     : Ultra Low Dispersion, untuk ketajaman ekstra pada lensa tele

  Asph  : Aspherical lens, lensa khusus untuk mengurangi distorsi dan penyimpangan warna.

 DO    : Diffractive Optics, desain lensa Fresnell untuk memberi kemampuan zoom tinggi tapi lensanya tidak jadi panjang
 Macro : Istilah untuk lensa khusus makro. Lensa spesialisasi untuk foto objek kecil

I, II, III = huruf romawi tanda lensa ini telah disempurnakan berapa kali
Contoh lagi:Canon EF 50mm f/1.8 II  

EF = Lensa digital Canon 50mm = jangkauan fokal lensa f/1.8 = maksimum bukaan II = generasi ke-2

No comments:

Cannot Connect to App Store

Awalnya sieh kaget  ketika keluar tulisan Cannot Connect to App Store, di kirain karena memang ada masalah sama account apple nya atau kena...