Tuesday 29 January 2019

Network Lambat Buka Program Share Tidak Bisa (LAN)


Memang yaa kalo suatu masalah itu ,, yang  di dalem dan kecil itu kadang kadang susah di cari obatnya, begitupun dengan kejadian yang saya alami.
bermula dari server yang ber IP 192.168.1.250 ini mati karena hardisknya rusak, malah rusaknya parah kalo kata tempat recovery hdd., akhirnya ganti hardisk baru dan isntal windows server baru lagi, nah disini titik permasalah untuk soal jaringannnya. karena di tempat saya itu di bagi dalam beberapa segmen IP , ketika saya berikan IP 192.168.1.9 di IP 192.168.4.100 tidak bisa buka program.exe karena membuka foldernya pun sangat lambat. untuk keterangan di saya menggunakan windows server 2008 R2 dan router menggunakan RB 1100  dan di mikrotik ini lah saya bagi beberapa segmen.

Untuk Case ini ex saya membuat sebuah program dan di namakan NewProgram. program ini adalah program desktop, dan saya tempatan folder sharenya di IP 192.168.1.9 dan saya akan membuka di network dengan IP : 192.168.1.0/24 , 192.168.2.0/24, 192.168.3.0/24, 192.168.4.0/24.
dan setelah di share folder yang berisi program desktop tersebut  dengan nama NewProgram di buka di IP 192.168.1.0/24 lancar, tidak ada masalah, masalah mulai muncul ketika ada client yang berbeda segment, dan kebetulan memang ada hehehehe... mulailah di lakukan perbaikan perbaikan di sisi server dan mikrotik,
di server semuanya sudah ok baik itu dari sharing folder dan advance sharingnya sudah tidak bermasalah,
di Mikrotik pun sudah di cek dan bahkan sudah minta bantuan keISP dari kami, dan tidak ada masalah juga dengan mikrotik,

Sampai akhirnya googling googling mencari yang pasti, namun belum di dapatkan jawaban juga,
memang sieh sudah feeling kalo hal  ini dikarenakan networknya ada yang ke block , cuma belum bisa di pastiin  dari sisi mananya yang bermasalah, Server ataukah Mikrotiknya, ternyata  eh ternyata untuk kasus saya ini masalahnya di mikrotik nya  yaitu di settingan address list nya
(IP => Firewall => tab Address List)

Allhamdulillah bisa kembali lancar , sebelumnya ada lah IP 192.168.1.9 hanya dalam settingan LAN saja Belum MGR, dini adalah setingan untuk block IP, IP tertentu atau website website tertentu .


Ok semoga membantu dan teman teman sekalian , sebagai catatan .. jika dengan cara ini tidak berhasil mungkin kita bisa berdiskusi disini ...
Terimaksih
Assalamualaikum wr wb

No comments:

Cannot Connect to App Store

Awalnya sieh kaget  ketika keluar tulisan Cannot Connect to App Store, di kirain karena memang ada masalah sama account apple nya atau kena...