Thursday 2 November 2017

Setting Mikrotik dari Awal dan Setting DHCP IP



Setting Mikrotik dari  Awal 
Assalamualaikum wr wb
Untuk catatan kali ini aku akan memberikan informasi yang sering kita alami ketika kita memuali jaringan baru dalam sebuah kantor baru ataupun instansi baru, yang terkadang karena lama sudah tidak di gunakan kita butuh mereminder kembali apa saja yangg harus dii setting saat mulai dari awal untuk setting  jaringan, 
Disini saya akan memberikan sebuah contoh yang kebetulan memang settingan yang saya buat untuk kantor saya, karena ini bukan jaringan utama maka bisa saya documentasikan, aku akan memberikan contoh setting mikrotik dengan type Router Board 750 yang akan kita reset ke setingan awal.
berikut langkah langkahnya.

1  1.  Setelah RB 750 di reset akan muncul configurasi baru


2  2. Yang pertama di setting adalah IP dari ether  atau port yang akan di setting untuk keluaran IP ke jaringan.  Contoh seperti di bawah ini, langkahnya adalah IP=>Adresses lalu klik tanda + merah di sebelah atas maka akan muncul  address, masukan ip address yang akan kita gunakan missal disini kita gunakan 192.168.1.0 agar nanti kita bisa gunakan ip 192.168.1.1 sampai dengan 254 di either 3 maka kita setting dengan  mengetikan pada address 192.168.1.1/ 24 dan interface kita isi sesuai tempat kabel di colok di ether mana. Missal contoh di bawah ini untuk konfigurasi ini di colok di ether 3




1    3. Ok setelah selesai membuat IP maka yang selanjutnya kita setting adalah koneksi untuk internet          contoh di bawah ini saya menggunakan salah satu provider yaitu biznet   menggunakan ip static         117.102.73.50


Seting di mikrotik nya adalah sama seperti di langkah  awal  yaitu IP=>addresses=> lalu klik tanda + merah dan isi dari addreses adalah 117.102.73.50/29 , untuk interfacenya kita pilih sesuai kabel yang akan di lock oleh kabel dari modem ISP. Contoh disini saya colok di either 1.





1 4. Selanjutnya adalah masukan DNS yang di berikan oleh provider disini saya menggunakan DNS  203.142.82.222 dan klik Allow remote request
















1       5. Selanjutnya adalah setting IP=>Route













6.6  Selanjutnya  setting IP => firewall => tab NAT  untuk chain pilih srcnat, untuk out interface kita pilih  either 1 biznet yang telah di buat sebelumnya di interface.




7. Lalu pilih tab  action pilih masquerade




Seting  IP DHCP untuk computer client
1.       Seting Addresses misal yang akan kita setting ether3
2.       Setting DHCP Server dan Network
3.       Setting Route
4.       Setting IP Pool

1.       Seting Addresses misal yang akan kita setting ether4









2.       Setting DHCP Server dan Network










3.       Setting Route


4.       Setting IP Pool


Done Laptop sudah bisa connect ke internet tanpa harus mengisikan IP Static.

semoga tulisan sederhana ini dapat membantu teman teman, dan memang sieh tulisan ini untuk reminder saya juga,\

Wish you All The Best

No comments:

Cannot Connect to App Store

Awalnya sieh kaget  ketika keluar tulisan Cannot Connect to App Store, di kirain karena memang ada masalah sama account apple nya atau kena...